Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMPN 1 BUNGKU
Nama: ALDINA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Aldina, 2022. Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII SMPN 1 Bungku. Skrpisi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Iskandar. Permasalahan dalam Skripsi ini yaitu : (1) bagaimana pemanfaatan media sosial whatsapp di kelas VIII SMPN 1 Bungku pada mata pelajaran IPS? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa di kelas VIII SMPN 1 Bungku dengan menggunakan media sosal Whatsapp pada mata pelajaran IPS? (3) Bagaimana kendala dan solusi dalam pemanfaatan media sosial Whatsapp pada mata pelajaran IPS di keas VIII SMPN 1 Bungku? Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pemanfaatan media sosial Whatsapp pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Bungku (2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMPN 1 Bungku dengan menggunakan media sosial Whatsapp (3) Menganalisis kendala dan solusi dalam memanfaatkan media sosial Whatsapp pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMPN 1 Bungku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil studi kasus di SMPN 1 Bungku pada kelas VIII. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPS, wali kelas, wakasek kurikulum, orang tua siswa, siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemanfaatan media sosil whatsapp menggunakan media sosial whatsapp dalam proses pembelajaran ips terlihat dimanfaatkan dengan baik, dimana guru memanfaatkan fitur-fitur dalam media sosial whatsapp untuk menyampaikan materi maupun informasi pempelajaran ips. Meningkatnya motivasi peserta didik dengan menggunakan media sosial WhatsApp dalam pemebelajaran ips terlihat dengan adanya indicator bahwa peserta didik termotivasi dalam pemebelajaran ips. Kendala dalam pemanfaatan aplikasi whatsapp yaitu jaringan internet tidak stabil, tugas terlalu banyak, sulit focus, pulsa kuota terbatas, aplikasi yang rumit, dan lebih senang dengan pembelajaran tatap muka, peserta didik ada yang tidak memilki handphone. Solusi mengatasi kendala dalam pemanfaatan media sosial WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa Pandemi Covid -19 di VIII SMPN 1 Bungku adalah kebijakan pemerintah yang memberikan bantuan kuota internet kepada peserta didik, penyiapan materi pembelajaran sebaik dan semenarik mungkin, kerjasama antar guru dan orang tua peserta didik serta sekolah dapat melakukan pembelajaran secara luring selama satu kali dalam seminggu dengan mematuhi protokol kesehatan. Kata kunci: Media, Pembelajaran, Whatsapp, Motivasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up