Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU DALAM PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGHASILKAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 TOMINI
Nama: WAHYUDIN
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Wahyudin, (2022) A31117037 yang berjudul Peran Guru Dalam Penerapan Discovery Learning Untuk Menghasilkan Pembelajaran Yang Aktif Pada Mata Pelajaran IPS DI SMP Negeri 1 Tomini. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Lukman, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Penerapan model discovery learning untuk menghasilkan pembelajaran yang aktif pada Siswa Kelas IX mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tomini. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan discovery learning pada mata pelajaran IPS di Kelas IX di SMP Negeri 1 Tomini, 3) Strategi Guru untuk meningkatkan keaktifan Siswa melalui model discovery learning. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Tomini. Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan model discovery learning berjalan dengan baik. Dibuktikan dengan terlaksananya tahapan-tahapan pembelajaran discovery learning oleh Guru mata pelajaran IPS di Kelas yang terdiri dari kegiatan stimulation, problem statement, pengumpulan data, pengolahan data, dan verification, generalization. 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan discovery learning bagi Guru dengan berbagai macam latar belakang Siswa serta fasilitas belajar Siswa di Rumah masih kurang, Sekolah mengadakan sarana dan prasaran yang baik bertujuan menunjang pembelajaran berjalan dengan aktif. 3) Strategi yang dilakukan Guru untuk menghasilkan pembelajaran yang aktif menggunakan discovery learning dilakukan dengan memberikan tugas kepada Siswa agar aktif menulis, membaca buku serta Guru memberikan motivasi Siswa agar aktif di dalam Kelas meperhatikan, bertanya dan memberi tanggapan Kata kunci : Discovery Learning, Keaktifan siswa, IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up