JudulDAMPAK KOMUNIKASI GURU DENGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAJUAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: AFIDATUL KARIMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Afidatul Karima, 2021. Dampak Komunikasi Guru dengan Orang Tua Terhadap Kemajuan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing H. Juraid. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk komunikasi yang dilakukan guru dengan orang tua siswa terhadap kemajuan belajar? 2) Apa dampak komunikasi guru dengan orang tua siswa terhadap kemajuan belajar? 3) Faktor apa saja yang menjadi penunjang dan penghambat bagi guru dalam berkomunikasi dengan orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan bentuk komunikasi yang dilakukan guru dengan orang tua siswa terhadap kemajuan belajar. 2) Menjelaskan dampak komunikasi antara guru dan orang tua siswa terhadap kemajuan belajar. 3) Menjelaskan faktor apa saja yang menjadi penunjang dan penghambat bagi guru dalam berkomunikasi dengan orang tua siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Dalam penentuan informan peneliti menggunakan purposive samplingdengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara ditunjukan kepada guru sejarah, dan juga orang tua siswa. Teknik pengolahan data dan teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Bentuk komunikasi yang digunakan dalam berkomunikasi dengan orang tua yaitu komunikasi verbal dan non verbal. 2) Dampak komunikasi yang dilakukan guru dengan orang tua sangat positif, komunikasi ini sangat berpengaruh baik terhadap kemajuan belajar siswa. 3) Faktor penunjang dalam berkomunikasi dengan orang tua yaitu adanya komunikator, komunikan, laporan berkala (buku agenda), rapat dan pertemuan. Kendalanya adalah kurangnya peran aktif orang tua dan kurangnya kelengkapan sarana pendidikan yang berkaitan dengan kondisi guru dan siswa. Kata Kunci: Dampak, Komunikasi, guru, orang tua, dan belajar |