Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU SEJARAH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 5 PALU PADA MASA PANDEMI COVID-19
Nama: HENI MAWARNI
Tahun: 2021
Abstrak
Heni Mawarni, (2021). Peran Guru Sejarah dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Palu Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hj. Junarti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam hal penerapan pembelajaran secara daring di SMA Negeri 5 Palu dan bagaimana peran guru sejarah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Palu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Palu. Pengumpulan data dilakasanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru sejarah melakukan lima peran dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Palu pada masa pandemi covid-19. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) guru sebagai perancang, (2) guru sebagai fasilitator, (3) guru sebagai evaluator, (4) guru sebagai pembimbing, (5) guru sebagai motivator. Adapun faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam hal penerapan pembelajaran daring terdiri dari dua faktor yakni (1) faktor internal yaitu faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri, kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran daring menjadi salah satu faktor siswa mengalami kesulitan belajar. (2) faktor eksternal yaitu faktor dari luar yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa yaitui: (1) kurangnya pengawasan dari orang tua saat mengikuti pembelajaran daring. (2) ekonomi keluarga berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa. (3) paket data yang terbatas, (4) akses jaringan tidak mendukung. (5) kesulitan dalam penggunaan aplikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sejarah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Palu pada masa pandemi covid-19 sangatlah berpengaruh terhadap pembelajaran siswa. Kata Kunci : Peran Guru, Kesulitan Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up