JudulEFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII DI SMP NEGEI 1 SATAP SEDOA |
Nama: PUTRI SRINITA PEKIRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Putririsrinita Pekiri, 2017. Efektifitas Strategi Pembelajaran Langsung Dalam Meningkatkan Kreatifitas Pembelajaran IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Satap Sedoa, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Hj. Junarti. Permasalahan penelitian ini, Bagaimana efektifitas strategi pembelajaran langsung dalam meningkatkan kreatifitas pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Satap Sedoa?, Bagaimana kendala guru dalam pelaksanaan efektifitas strategi pembelajaran langsung dalam meningkatkan kreatifitas pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Satap Sedoa?, dan Bagaimana upaya guru untuk mengatasi kendala dalam efektifitas strategi pembelajaran langsung dalam meningkatkan kreatifitas pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Satap Sedoa?. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas strategi pembelajaran langsung dalam meningkatkan kreatifitas pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Satap Sedoa, mengetahui kendala guru dalam pelaksanaan efektifitas strategi pembelajaran langsung dalam meningkatkan kreatifitas pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Satap Sedoa, dan mengetahui upaya guru ntuk mengatasi kendala dalam efektifitas strategi pembelajaran langsung dalam meningkatkan kreatifitas pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Satap Sedoa Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kreativitas guru IPS dalam menggunakan strategi pembelajaran langsung sudah cukup bervariasi terlihat dari pemilihan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran., kendala yang dihadapi guru IPS SMP Negeri 1 Satap Sedoa dalam meningkatkan kreatifitas pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Satap Sedoa, antara lain: a) guru belum memanfaatkan media secara maksimal, b) kemampuan guru dalam menguasai media masih kurang, khususnya TIK, c) terbatasnya media pembelajaran yang tersedia, d) penyimpanan dan perawatan media belum tepat, e) waktu yang terbatas dalam pembelajaran, f) kemampuan anak yang tidak sama dalam menangkap materi dalam media yang ditampilkan, dan upaya efektifitas strategi pembelajaran langsung dalam meningkatkan kreatifitas pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Satap Sedoa antara lain: a) menyusun rencana kebutuhan media pembelajaran secara terperinci, b) membuat media sendiri sesuai dengan kebutuhan, c) memberi tugas siswa membuat media pembelajaran, d) menggunakan biaya sendiri untuk membeli media, e) media yang sudah tersedia dirawat agar tidak cepat rusak, d) sharing dengan guru IPS lain untuk mengatasi bersama kendala tersebut, e) memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Kata kunci :Strategi Pembelajaran Langsung, dan Kreativitas Siswa |