JudulStrategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPA 1 Di SMAN 1 Tikke Raya |
Nama: AMRI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Amri, (2021). Strategi Guru Dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Ceramah di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Tikke Raya. Skripsi, Prodi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Mahfud Mahmud Gamar, S.Pd., M.Pd. Skripsi yang mengangkat metode ceramah sebagai bahan penelitian ini berpusat pada peningkatan motivasi belajar Siswa melalui metode ceramah dengan dua rumusan masalah: 1. Bagaimana strategi Guru dalam penerapan metode ceramah untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa?, 2. Kendala apa yang dihadapi Guru dalam penerapan metode ceramah?. Penelitian ini bertujuan: 1. Mengetahui strategi Guru dalam penerapan metode ceramah untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa, 2. Mengetahui kendala apa yang dihadapi Guru dalam penerapan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tikke Raya Kelas XI IPA 1. Manfaat penelitian: 1. Manfaat teoritis; untuk membangkitkan motivasi belajar Siswa terhadap mata pelajaran sejarah dan untuk menambah wawasan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa. 2. Manfaat praktis; menambah khasanah ilmu pengetahuan mengenai pelajaran sejarah dan sebagai referensi Guru dalam mengajar pelajaran sejarah. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: Mengatur intonasi, memberi lawakan serta menceritakan kepada Siswa tentang kondisi yang akan dihadapi di masa depan dapat meningkatkan motivasi Siswa melalui metode ceramah. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi belajar, dan Metode Ceramah |