JudulPROFESIONALISME GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 4 PALU PADA MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: DIDIN INDRA PRASETYA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Didin Indra Prasetya, 2021. Profesionalisme Guru Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Palu Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Idrus Rore, S.Pd., SH., M.Pd Permasalahan dalam artikel hasil penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana profesionalisme Guru dalam menyajikan pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Palu ? 2) Bagaimana profesionalisme Guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Palu ? 3) Bagaimana minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Palu ? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan profesionalisme Guru dalam menyajikan pelajaran sejarah pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 5 SMAN 4 Palu. 2) Mendeskripsikan Profesionalisme Guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 5 SMAN 4 Palu. 3) Mengamati minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 5 SMAN 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil artikel ini menunjukkan 1) Profesionalisme Guru dalam menyajikan pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Palu bisa dikatakan cukup baik karena Guru telah menguasai bahan ajar dan telah menggunakan media pembelajaran berupa WhatsApp dan telah berupaya menyampaikan materi secara daring. 2) Profesionalisme Guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 palu dinilai masih kurang karenakan Guru hanya menggunakan media WhatsApp dalam proses pembelajarannya dan tidak ada interaksi timbal balik antara guru dan siswa sehingga tidak terlihat adanya pengawasan yang dilakukan oleh guru kepada siswa dalam proses pembelajarannya. 3) Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 4 Palu pada masa pandemi Covid-19 ini bisa dikatakan lebih banyak siswa yang kurang berminat. Dari total 31 siswa dilakukan wawancara kepada 7 siswa dan hanya 3 siswa yang menjawab berminat dengan pelajaran sejarah. Kata Kunci: Profesionalisme, Guru, dan minat belajar |