JudulSTRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN SISTEM DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 4 PALU |
Nama: SRI RAHAYU |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sri Rahayu, (2021) A31117021 yang berjudul Strategi Pembelajaran Sejarah Menggunakan Sistem Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 4 Palu, Skripsi Program Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Nuraedah (Pembimbing) Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran sejarah menggunakan sistem daring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 4 Palu ? (2) Bagaimana dampak strategi pembelajaran daring dalam pembembelajaran sejarah masa pandemi Covid-19 ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan strategi pembelajaran sejarah dengan menggunakan sistem daring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 4 Palu (2) menjelaskan dampak strategi pembelajaran daring dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan taknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang Guru sejarah yakni Guru sejarah kelas XII IPS 5 dan Guru sejarah kelas XII IPS 3 SMA Negeri 4 Palu dan delapan orang Siswa kelas XII IPS 5 dan XII IPS 3 SMA Negeri 4 Palu. Berdasarkan data yang diperoleh, pengolahan dan analisis, maka hasil penelitian ini menunjukan 1) strategi yang digunakan Guru dalam proses pembelajaran secara daring dikategorikan cukup baik, karena Guru telah berupaya sebaik mungkin dalam menyampaikan materi kepada peserta didik meskipun dalam keadaan pembelajaran yang berlangsung secara daring, dalam proses pembelajaran daring Guru menggunakan media WhatsApp, Classroom, Google Meet, dan Youtube merupakan media pendukung untuk menyampaikan materi. 2) dampak dari strategi pembelajaran yang diterapkan oleh Guru dinilai baik dikarenakan pada awal pembelajaran daring mulai diterapkan Siswa merasa kurang termotivasi karena pembelajaran yang dianggap monoton, sehingga Guru menambahkan media Youtube sebagai pembantu dalam menyampaikan materi, sehingga Siswa bisa lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran daring dan hasil belajar Siswa meningkat. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Sistem Daring |