JudulSTRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS DI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: MIRAWANTI S. UNTUH |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Mirawanti S. Untuh. 2022. Strategi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu,Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas, Pembimbing Mahfud M. Gamar Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah sangat baik digunakan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa karena siswa dituntut untuk aktif, berfikir kritis, serta mampu mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah terutama pada mata sejarah. Karena, pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang membosankan serta keaktifan siswa masih sangat kurang dalam proses pembelajaran. Dengan diterapkannya pembelajaran berbasis masalah ini dianggap mampu dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana strategi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu serta Bagaimana keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu. dan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Palu dan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada guru mata pelajaran sejarah dan siswa kelas X IPS serta Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Palu. Hasil penelitian menunjukkan strategi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu yaitu: memberikan stimulus kepada siswa dan membagi kelompok, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, memberikan motivasi. Keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 5 Palu indikator tercapainya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran berbasis masalah yaitu: kerjasama dengan teman kelompok dalam memecahkan masalah, mempresentasikan hasil kerjasama kelompok, dan bertanya serta menjawab pertanyaan yang diajukan guru maupun pertanyaan kelompok lain. Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Keaktifan Belajar siswa. |