JudulPERAN GURU SEJARAH DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: NURFADILLA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nurfadilla, 2021 Peran Guru Sejarah Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Online Pada Pembelajaran Sejarah Di Masa Pandemic Covid 19 di KELAS XI SMA Negeri 5 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Misnah, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru sejarah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui media pembelajaran online pada pembelajaran sejarah di masa pandemi covid 19 di kelas XI SMA Negeri 5 Palu? 2) Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran online dalam mengatasi kesulitan belajar yang dilakukan guru sejarah dalam pembelajaran sejarah dimasa pandemi covid 19 di kelas XI SMA Negeri 5 Palu? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui bagaimana peran guru sejarah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui media pembelajaran online dimasa pandemi covid 19 di kelas XI SMA Negeri 5 Palu. 2). Untuk mengetahui Penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran online pada pembelajaran sejarah di masa pandemi covid 19. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunujukan bawah Peran Guru Sejarah Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui media Pembelajaran Online Pada Pembelajaran Sejarah Di Masa Pandemi Covid 19 di kelas XI SMA Negeri 5 Palu, yaitu: mensuport siswa, melakukan pembelajaran luring, melakukan pembelajaran daring, melakukan pembelajaran tatap muka terbatas, dan untuk siswa yang ada di kampung mereka di berikan kode-kode website agar bisa mengetahui perkembangan-perkembangan yang ada di SMA Negeri 5 Palu, sementara untuk siswa yang kurang memahami penggunaan IT maka siswa diberi kemudahan oleh guru untuk bekerja sama dengan temannya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Kata Kunci : Pembelajaran online, Kesulitan Belajar, Siswa SM |