JudulKEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTIONS PADA SEMESTER GENAP KELAS XI IIS DI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: LISDA SITANDE |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Lisda Sitande, 2021. Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Metode Learning Starts With A Questions Pada Semester Genap Kelas XI IIS Di SMA Labschool Untad Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Untiversitas Tadulako. Pembimbing Mutawakkil, S. Ag.,M.Pd Permasalahan dalam hasil penelitian ini yaitu: 1) Mengapa keaktifan peserta didik menurun dalam penerapan metode Learning Starts With A Questions pada pembelajaran online semester genap kelas XI IIS di SMA Labschool Untad Palu ? 2) Bagaimana upaya guru sejarah dalam mengatasi penurunan keaktifan peserta didik pada semester genap kelas XI IIS di SMA Labschool Untad Palu? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penyebab menurunnya keaktifan peserta didik semester genap kelas XI IIS di SMA Labschool Untad Palu. 2) Mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi penurunan keaktifan peserta didik pada semester genap kelas XI IIS di SMA Labschool Untad Palu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil artikel ini menunjukkan 1) Ada 2 faktor yang menjadi penyebab menurunnya keaktifan siswa kelas XI IIS diantaranya yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa yaitu motivasi, perhatian, kurangnya rasa percaya diri dan kemampuan siswa dalam memahami materi. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa yaitu faktor keluarga yaitu kurangnya perhatian dan dorongan dari orang tua kepada anak, faktor sekolah seperti metode dan media yang digunakan yakni zoom dianggap kurang efektif, dan faktor jaringan yang mempengaruhi proses pembelajaran siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan zoom. 2) guru telah berupaya dengan menggunakan beberapa cara yakni menambah metode dan media yang digunakan. Metode tersebut antara lain metode penugasan, ceramah dan diskusi. Media yang digunakan yaitu Google meet dan Classroom Selain itu untuk membuat peserta didik tidak merasa bosan, sesekali guru mengajak siswa untuk bercanda, kemudian ketika pembelajaran berlangsung guru menyelingi dengan beberapa gambar dan video pembelajaran. Kata Kunci: Keaktifan, Metode LSQ, Upaya Guru |