JudulPENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH, SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINDUE |
Nama: WAHYU SAPUTRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Wahyu Saputra, 2022. Pengaruh Bimbingan Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Sejarah, Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Tadulako. Suyuti. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Apakah ada pengaruh bimbingan belajar di rumah terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sindue? Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk menjelaskan Apakah ada pengaruh bimbingan belajar di rumah terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sindue. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dan termaksud dalam penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya penggaruh antara dua variabel. Hasil kuantitatif adalah hasil yang dinyatakan dengan angka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, sesuai dengan analisis inferensial korelasi, maka hasil dari keofisien korelasi berada pada kategori 0,60-799 (kuat). Hal ini menunjukan bahwa besarnya pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar sejarah pada siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindue adalah 0,667. Untuk mengetahui apakah hasil yang diperoleh dari koefisien korelasi memiliki arti atau tidak maka dilakukan uji hipotesis. Setelah melakukan uji hipotesis diketahui t hitung lebih besar dari ttabel atau thitung 4.983> ttabel 2,452 Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis pada bab 3 maka, Ha diterima (ada pengaruh) dan HO ditolak (tidak ada pengaruh). Jadi dalam penelitian ini terdapat pengaruh antara bimbingan belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sindue. Jadi, semakin tinggi bimbingan belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar yang di peroleh. Kata Kunci : Bimbingan Belajar; Hasil Belajar. |