JudulPERANAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI DARING DI KELAS X SMA NEGERI I AMPIBABO |
Nama: EGA PUSPITASARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Ega Puspitasari, 2021. Peranan Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Daring Di Kelas X Sma Negeri I Ampibabo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Mutawakkil. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana Peranan guru sejarah sebagai motivasi bagi siswa dalam meningkatkan minat belajar melalui daring kelas X di SMA Negeri I Ampibabo? (2) Bagaimana minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah melalui daring pada siswa kelas X di SMA Negeri I Ampibabo? Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui peranan guru sejarah sebagai motivasi bagi siswa dalam meningkatkan minat belajar melalui daring kelas X di SMA Negeri I Ampibabo. (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah melalui dari daring pada siswa kelas X di SMA Negeri I Ampibabo. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian mengumpulkan informasi dengan melakukan proses wawancara untuk bisa mendapatkan data yang tepat bagi peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan, karena guru mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap siswanya. Berhubung dengan adanya covid-19 maka pembalajaran dilakukan melalui daring seperti yang sudah diketahui bahwa proses belajar daring hanya saja dilakukan dirumah dengan menggunakan media tertentu untuk proses belajar. Media pembelajaran yang lebih dilakukan di SMA Negeri 1 Ampibabo yaitu WhatsApp dan Classroom untuk pengiriman tugas dan proses belajar seperti diskusi dan absen para siswa. Guru juga mampu mengatasi atas kendala yang siswa alami pada saat pembelajaran daring. Seorang guru tetap berusaha membimbing siswa agar bisa meminati pelajaran dan bisa mengikuti proses belajar sesuai dengan jadwal yang diterapkan, dan (2) Guru berusaha mendekatkan diri terhadap siswa dan bisa menunjukkan sikap ramah serta penuh pengertian terhadap siswa agar bisa menumbuhkan minat belajar siswa dan mampu memberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh siswa dalam pembelajaran daring secara baik. Kata Kunci : Peranan Guru, Minat Belajar, dan Daring |