JudulEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI IPS 2 MAN 1 KOTA PALU |
Nama: MUHAMMAD HAIKAL |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Muhammad Haikal, (2021) A31117004 yang berjudul Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XI IPS 2 MAN 1 Kota Palu, Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Idrus, S.Pd., SH., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas pembelajaran online terhadap mata pelajaran sejarah Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di Kelas XI IPS 2 MAN 1 Kota Palu? (2) Apa kelebihan dari pembelajaran online terhadap mata pelajaran sejarah Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di Kelas XI IPS 2 MAN 1 Kota Palu? (3) Apa faktor penghambat dari pembelajaran online terhadap mata pelajaran sejarah Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di Kelas XI IPS 2 MAN 1 Kota Palu? Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis efektivitas pembelajaran online terhadap mata pelajaran sejarah Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di Kelas XI IPS 2 MAN 1 Kota Palu (2) Memaparkan kelebihan dari pembelajaran online terhadap mata pelajaran sejarah Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di Kelas XI IPS 2 MAN 1 Kota Palu (3) Memaparkan faktor penghambat dari pembelajaran online terhadap mata pelajaran sejarah Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di Kelas XI IPS 2 MAN 1 Kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, wawancara, dan observasi. Hasil angket yang telah disebar kepada 26 responden peneliti membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran sejarah secara online di kelas XI IPS 2 MAN 1 Kota Palu efektif dilakukan. Hal ini diperkuat dengan 34,6% menjawab efektif bahkan 30,8% menyatakan sangat efektif. Keadaan tersebut juga didukung dengan adanya kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan baik dan juga ketuntasan nilai siswa secara keseluruhan terhadap mata pelajaran Sejarah Indonesia. Pembelajaran sejarah secara online memiliki kelebihan yakni kemudahan mengakses materi, penyetoran tugas yang efektif, membuat siswa melek teknologi, membuat siswa menjadi mandiri, menambah pengalaman siswa dalam menyesuaikan dengan tuntutan zaman serta dapat membangun komunikasi yang efisien. Meskipun efektif pembelajaran sejarah secara online juga mengalami kendala seperti pasifnya peran siswa saat proses pembelajaran, menimbulkan rasa malas siswa dan kesan pembelajarannya yang bersifat teoretis daripada praktik. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Online, & Pembelajaran Sejarah Indonesia |