Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKreatiitas Guru Sejarah Di SMAN 5 Model Palu Dalam Membuat Media Pembelajaran
Nama: RATIA
Tahun: 2021
Abstrak
Ratia, (2021). Kreativitas Guru Sejarah Dalam Menghasilkan Media Pembelajaran Yang Bermutu di SMAN 5 Model Palu, skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasan. Ada dua hal pokok yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) bagaimana kreativitas guru sejarah dalam membuat media pembelajaran di SMAN 5 Model Palu? 2) bagaimana guru sejarah dapat meningkatkan kreativitasnya dalam membuat media pembelajaran di SMAN 5 Model Palu? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis kreativiitas guru sejarah dalam membuat media pembelajaran di SMAN 5 Model Palu 2) untuk menganalisis peningkatan kreativitas guru sejarah dalam membuat media pembelajaran di SMAN 5 Model Palu. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif yang merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk menggambarkan hasil penelitian yang dimaksud lebih dominan kata-kata atau gambar dari pada angka. Subjek pada penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa IPS di SMAN 5 Model Palu. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kreativitas guru sejarah dalam membuat media pembelajaran di SMA Negeri Model 5 Palu dilihat berdasarkan situasi yang terjadi sebelum masa pandemi guru sejarah menggunakan media karton dan guru masih menggunakan metode ceramah jadi penggunaan media pembelajaran sangat kurang namun setelah pandemi pada tahun ajaran 2020/2021 guru sejarah menggunakan dan membuat media yang lebih berfariasi antara lain opera, mesenger, class room, dan Whatsaap sehingga guru diharuskan membuat media pembelajaran untuk mendukung media aplikasi yang telah ada, sehingga guru sejarah membuat dan menggunakan media pembelajaran antara lain Power poin, Buku paket sejarah yang telah di ubah ke Pdf, file-file dokumen pembelajaran yang berupa rangkuman materi dan tugas, serta video. Dan hasil penelitian selajutnya Guru sejarah dalam meningkatkan kreativitasnya untuk membuat media pembelajaran di SMAN 5 Model Palu yaitu dengan cara selalu belajar yang berarti mempertajam pikiran dan itu juga berarti meningkatkan kepekaan pengindraan pada diri guru sejarah dan guru sejarah di SMA Negeri 5 Model Palu dan salah satu usaha yang dilakukan sekolah agar guru sejarah di SMAN 5 Model Palu dapat meningkatkan kreativitasnya dalam membuat media pembelajaran yaitu sekolah bekerja sama dengan dinas untuk menyediakan paket internet untuk guru agar guru dapat meningkatkan kreativitasnya melalui media yang dapat di akases melalui internet dan usaha dari sekolah memiliki hasil yang baik pada pembelajaran 2020/2021 guru telah mampu menggunakan media sosial seperti Whatsaap, mesengger dan aplikasi penunjang belajar lainnya seperti opera, class room. Kata Kunci: Kreativitas, Media pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up