JudulMengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Negeri 8 Palu |
Nama: ANDI SALSABILA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Andi Salsabila. 2020. Mengatasi kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Palu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Mahfud M. Gamar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru sejarah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Palu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah guru sejarah dalam mengatasi kesulitan belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Palu. Adapun subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 palu yang berjumlah 28 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah meliputi Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru sejarah dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Palu terbagi atas beberapa aspek yaitu mengembangkan metode belajar, mengembangkan media belajar dan menyisipkan selingan humor di tengah pembelajaran. Kata kunci: Kesulitan belajar, mengatasi kesulitan, pelajaran sejarah |