JudulKEMAMPUAN GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 8 PALU |
Nama: MOH SYAFAAT |
Tahun: 2022 |
Abstrak Moh Syafaat. 2021. Kemampuan Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 8 Palu, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Mahfud M. Gamar Rumusan masalah dalam peneitian ini ialah Faktor-faktor apa yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah secara online serta Bagaimana kemampuan guru mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah secara Online. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Mendiskripsikan kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah secara online. Dan Untuk Mendiskripsikan kemampuan guru mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran sejarah secara Online. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Palu dan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada siswa Kelas X IPS, XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPS dan Guru serta Wakepsek Sejarah SMA Negeri 8 Palu. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar online mata pelajaran online sejarah di masa pandemi dikarenakan pembelajaran dilakukan secara daring. Adapun kesulitan yang dialami siswa ialah kesulitan dalam memahami materi belajar, kesulitan dalam mengakses materi belajar dan juga kesulitan dalam pengumpulan tugas yang mengakibatkan keterlambatan dalam pengumpulan tugas siswa. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar sejarah siswa yaitu dengan merancang pembelajaran yang tidak memberatkan siswa, menggunakan media yang berukuran kecil, mempersiapkan siswa sebelum belajar, memberikan contoh-contoh yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, mengizinkan siswa melakukan personal chat untuk menanyakan materi, memberikan motivasi, menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, tugas bisa di kumpulkan di sekolah pada hari senin, serta melakukan pembelajaran tatap muka sesekali agar memudahkan siswa dalam memahami materi dan siswa tidak merasa bosan karena pembelajaran yang dilakukan secara daring. Kata Kunci : Kemampuan Guru, Kesulitan Belajar siswa, |