JudulPERAN GURU IPS DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VIII A DI SMP NEGERI 10 PALU |
Nama: HUZIMA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Huzima, 2021. Peran Guru IPS dalam Mendesain Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Kelas VIII A di SMP Negeri 10 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr Misnah S.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Desain Pembelajaran di Masa Pandemi pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII A di SMP Negeri 10 Palu ?;) 2) Bagaimana Implementasi Proses Pembelajaran IPS di Masa Pandemi kelas VIII A di SMP Negeri 10 Palu? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Guru IPS Dalam Mendesain Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 kelas VIII A di SMP Negeri 10 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang guru dan tujuh orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa 1) peran guru IPS dalam mendesain pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 10 palu cukup efektif, hal ini terbukti dari hasil analisis dan hasil wawancara yang menunjukan peran guru dalam membuat rancangan pembelajaran dimasa pandemi saat ini dengan menggunakan aplikasi watshapp dengan desain berbasis proyek cukup efektif. Dimana siswa merasa lebih leluasa dalam menjawab dan menyampaikan ide-ide mereka karna pembelajaran dilakukan secara daring. 2)implementasi proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 palu dimasa pandemi Covid-19 cukup efektif, karna aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu aplikasi watshapp dengan menerapkan desain pembelajaran berbasis proyek memberi kemudahan bagi guru dan tidak memberatkan siswa karna paket data yang diambil lebih sedikit dan siswapun tetap aktif walaupun tidak dalam kondisi pembelajaran secara langsung. Kata Kunci: Peran Guru dan Desain Pembelajaran. |