Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDampak Perubahan Kurikulum Terhadap Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Dampal Selatan
Nama: IRWAN RIZAL NUR
Tahun: 2021
Abstrak
Irwan Rizal Nur. 2021. Dampak Perubahan Kurikulum Terhadap Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Drs. Suyuti M Pd Permasalah dalam Artikel hasil ini adalah: (1.) Bagaimana perencanaan guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan sebelum melaksanakan pembelajaran. (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. (3) Bagaimana penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. Tujuan Artikel Hasil Penelitian ini untuk: (1) Menjelaskan perencanaan guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan sebelum melaksanakan pembelajaran. (2) Menjelaskan proses pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan, (3) Menjelaskan penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan oleh Guru IPS di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilkukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Dampal Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah memuat adanya pendekatan saintifik yang merupakan penekanan dalam kurikulum 2013. RPP yang disusun Guru IPS telah memenuhi kriteria baik. Namun masih ada aspek yang belum sesuai dengan standar proses kurikulum 2013, yaitu aspek materi pembelajaran, dimana Guru belum membagi materi yang termasuk fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. (2) Pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 1 Dampal Selatan telah memenuhi ketentuan pendekatan saintifik melalui kegiatan praktikum menggunakan metode diskusi dan pembelajaran di luar kelas Guru memfasilitasi kegiatan mulai dari menanya, mengamati, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Penerapan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan mampu mengembangkan karakter siswa. (3) Penilaian hasil pembelajaran oleh Guru IPS sudah menggunakan pendekatan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai meliputi ranah sikap, keterampilan dan pengetahu

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up