Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH SARANA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 BANAWA SELATAN
Nama: YAFET YOHAN
Tahun: 2021
Abstrak
YAFET YOHAN, 2020. Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Dalam Pembelajaran Ips Di Smp Negeri 2 Banawa Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pensisikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Suyuti, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Adakah pengaruh dari sarana belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran di SMP Negeri 2 Banawa Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh sarana belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran ips di SMP Negeri 2 Banawa Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif. . Jenis teknik pengambilan sampel yang digunakan penulis merupakan sampel acak dengan teknik stratified random sampel dengan jumlah 60 siswa dari 120 jumlah polpulasi. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini meliputi observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil menunjukan bahwa Hasil perhitungan koefisien korelasi (r) yaitu sebesar 0,680 rhitung > r tabel sebesar 0,25. Apabila mengacu pada interprestasi korelasi menurut sugiono, maka hasil dari koefisien korelasi berada pada kategori 0.600-0.799 (kuat), hal ini, berarti terdapat pengaruh korelasional yang positif antara sarana belajar dengan hasil belajar siswa. Untuk keperluan pengujian hipotesis penulis menggunakan interferensial dengan teknik product moment person dilanjutkan dengan uji t, hasil perhitungan nilai koefesien kolerasi antara variable X dan variable Y kemudian selanjutnya mencari nilai thitung maka di peroleh thitung 7,064 > t tabel sebesar 2,00172. Hasil perhitungan diatas menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak. Kata Kunci: Sarana Belajar, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up