Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Pembelajaran IPS Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMP Negeri 10 Palu
Nama: FERIYAL
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Feriyal, 2020. Efektivitas Pembelajaran IPS Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 10 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr Mahfud M. Gamar S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Efektivitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Palu?;) 2) Bagaimana pembentukan karakter disiplin dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Palu? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter disiplin siswa di SMP Negeri 10 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru, dua guru IPS dan satu wakasek kurikulum dan lima orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa 1) Keefektifan pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Palu sudah cukup efektif, hal ini terbuktik dari hasil analisis dan hasil wawancara yang menunjukan bahwa pembelajaran IPS di kelas VII A cukup efektif sesuai dengan kriteria kefektifan dalam proses pembelajaran, guru dan siswa pun antusia dalam mengikuti pemeblajaran IPS. 2) Pembentukan karakter disiplin dalam proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Palu sudah berjalan dengan baik dan dengan pembelajaran IPS mampu membentuk karakter kedisiplinan hal ini bisa dilihat dari hasil wawancara dengan guru IPS yang dimana guru membuat kontrak pemebelajaran dengan siswa di awal dimulainya pembelajaran hal ini dibuat agar siswa bisa bertanggung jawab dan disiplin. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran dan karakter displin.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up