Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERANAN WALI KELAS DALAM PROSES PENILAIAN SISWA DI SMA NEGERI 7 PALU
Nama: VEBI LIVIA MONGAN
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Vebi Livia Mongan, 2020. Peranan Wali Kelas Dalam Proses Penilaian Siswa di SMA Negeri 7 Palu. Skipsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako, Pembimbing : Junarti. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peranan wali kelas dalam proses penilaian siswa di SMA Negeri 7 Palu ? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat peranan wali kelas dalam proses penilaian siswa di SMA Negeri 7 Palu ?, Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan peranan wali kelas dalam proses penilaian siswa di SMA Negeri 7 Palu ? (2) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat peranan wali kelas dalam proses penilaian siswa di SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan subyek dalam penelitian ini adalah enam orang wali kelas dan Kepala Sekolah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan wali kelas dalam proses penilaian siswa di SMA Negeri 7 Palu sudah terlaksana dengan baik karena wali kelas mempunyai tanggungjawab yang sangat besar untuk membantu kepala sekolah dalam membimbing siswa di kelas baik dalam pengelolaan kelas, maupun dalam proses penilaian karena dengan adanya penilaian wali kelas dapat mengetahui, memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Selain itu, dapat meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wali kelas, dan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam proses penilaian yaitu faktor pendukung dapat dilihat dari keberhasilan nilai yang diperoleh, sarana dan prasarana, maupun faktor internal dan eksternal. Sedangkan faktor penghambat dalam proses penilaian siswa dapat dilihat dari ketidakberhasilan siswa, dan kurangnya perhatian siswa. Kata Kunci : Peran, Wali Kelas, Penilaian Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up