JudulKETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGELUARKAN PENDAPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 18 MODEL PALU |
Nama: TIARA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Pembahasan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kemampuan seorang guru dalam menerapkan keterampilan bertanya di Kelas VII SMP Negeri 18 Model Palu ? 2) Kendala apa saja yang dialami seorang guru terkait dengan keterampilan bertanya di Kelas VII SMP Negeri 18 Model Palu ? 3 ) Bagaimana kemampuan siswa mengeluarkan pendapat di kelas VII SMP Negeri 18 Model Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa mengeluarkan pendapat di kelas VII SMP Negeri 18 Model Palu, Untuk mengidentifikasi kendala apa saja yang di alami terkait dengan keterampilan bertanya dalam meningkatkan kemampuan siswa mengeluarkan pendapat di Kelas VII SMP Negeri 18 Model Palu, dan mendeskripsikan sejauh mana siswa mampu mengeluarkan pendapat di kelas VII SMP Negeri 18 Model Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Dua orang guru . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan data yang terkumpulkan, pengolahan dan analisis, maka hasil penelitian ini menujukan bahwa 1) Kemampuan seorang Guru dalam menerapkan keterampilan bertanya, sudah berjalan dengan baik, hal ini terlihat dalam upaya guru dalam mengadakan persepsi sebelum menyampaikan materi atau setelah materi pelajaran hari itu. Selain itu guru juga memberikan pujian yang dapat memotivasi belajar siswa serta menciptakan kondisi atau proses belajar yang membuat siswa tertarik dan bersemangat mengikuti kegiatan belajar. 2) Kendala yang di alami seorang Guru terkait keterampilan bertanya yaitu guru telah berupaya dalam memberi pelajaran atau materi yang disampaikan,memberi motivasi kepada siswa, hanya saja kurangnya minat siswa pada mata pelajaran tersebut dan lingkungan yang kurang mendukung siswa untuk belajar sehingga siswa tidak termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. 3) kemampuan siswa mengeluarkan pandapat yaitu guru perlu melakukan berbagai cara untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan mengembangkan ide-ide agar siswa dapat belajar dengan baik dan nyaman apabila sarana dan prasaran belum memadai. Kata Kunci: Keterampilan , Guru, dan Kemampuan Siswa |