JudulKETERAMPILAN GURU MELAKUKAN VARIASI MENGAJAR UNTUK MENDORONG MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PARIGI TENGAH PADA MASA PANDEMI |
Nama: SITI HAJAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Siti Hajar, 2016. Keterampilan Guru Melakukan Variasi Mengajar Untuk Mendorong Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Parigi Tengah Pada Masa Pandemi. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah , Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Charles Kapile Permasalahan pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana keterampilan variasi mengajar guru IPS dalam mendorong motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Parigi Tengah pada masa pandemi ?; 2) Bagaimana gaya mengajar guru dalam melakukan variasi mengajar guru dalam mendorong motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parigi Tengah pada masa pandemi ?; 3) Bagaimana kendala dan solusi guru IPS dalam melakukan variasi mengajar guru dalam mendorong motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parigi Tengah pada masa pandemi ?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Guru Melakukan Variasi Mengajar Untuk Mendorong Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Parigi Tengah Pada Masa Pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah satu orang guru dan empat orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa 1) dalam menyampaikan materi pembelajaran IPS guru di SMP Negeri 1 Parigi Tengah pada masa pandemi menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu menggunakan model dan juga materi yang diketik sendiri yang berkaitan dengan Covid 19, dan guru menggunakan beberapa komponen variasi mengajar, tujuannya yaitu agar pada saat menyampaikan materi pembelajaran tidak menimbulkan kebosanan, kejenuhan, serta untuk menghidupkan suasana kelas demi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan. 2) variasi gaya mengajar pada masa pandemi seorang guru harus mengubah cara agar siswa termotivasi pada saat belajar akan tetapi ada beberapa siswa yang tidak termotivasi pada saat belajar. 3) kendala yang ditemui adalah keadaan sekarang pada masa pandemic seperti ini perhatian siswa terbagi antara belajar dan kerja. dengan adanya kendala pasti akan timbul yang namanya solusi untuk menyelesaikan kendala tersebut, solusinya dengan cara menyurati orang tua siswa lalu mengunjungi rumahnya, dan memberikan pemahaman kepada orang tua siswa. Kata Kunci : Keterampilan, Mengajar, dan Motivasi Siswa |