JudulPENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 18 MODEL PALU |
Nama: RISPAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rispawati, 2022. Pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 18 Palu. Skripsi, program studi pendidikan sejarah, jurusan ilmu pengetahuan sosial, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. pembimbing Dr. Suyuti, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 18 Palu. penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah satu kelas di SMP Negeri 18 Palu sebanyak 172 siswa, teknik penetapan sampel yang di gunakan adalah simple random sampling dan jumlah sampel yang diterapkan sebanyak 10?n jumlah populasi 172 menjadi 22 responden. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket, hasil penelitian melalui pendekatan deskriftif diketahui bahwa gaya mengajar yang sering digunakan guru adalah gaya mengajar klasik. gaya mengajar ini membuat guru mendominasi siswa dan memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya. hal ini menunjukkan perlunya variasi gaya mengajar yang sesuai dengan kondisi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. pernyataan ini didukung berdasarkan hasi perhitungan uji t sebagai uji hipotesis dengan melakukan perbandingan thitung lebih besar daripada ttabel (4,917?2,086) adalah signifikan. makin variatif gaya mengajar guru makin tinggi minat belajar siswa dan sebaliknya, makin monoton gaya mengajar guru maka semakin rendah minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 18 Palu maka terbukti bahwa gaya mengajar guru berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 18 Palu. Kata Kunci : Gaya mengajar, minat belajar, dan siswa. |