JudulSTRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: RIFALDI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rifaldi, 2020. Strategi Guru Dalam Menggunakan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Palu Pembimbing, Dr. Misnah, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana strategi guru dalam menggunakan media film dokumenter pada proses pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 5 Palu ? 2). Bagaiamana peran media film documenter dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 5 Palu ?. penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui strategi guru dalam menggunakan media film dokumenter dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 5 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu satu guru bidang studi sejarah dan siswa kelas X IPS III SMA Negeri 5 Palu yang berjumlah empat orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, digunakan instrument penelitian berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Analisis data secara kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film dokumenter dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah berdasarkan indicator motivasi yang telah diamati. Kata Kunci: Strategi Guru, Media Film Dokumenter, Motivasi Belajar |