Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEVEKTIVITAS METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PALU
Nama: NURLAELA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Nurlaela, 2021. Evektivitas Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing Dra. Hj. Junarti, M.Hum Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana metode ceramah yang dilakukan oleh Guru di SMA Negeri 1 Palu?;) 2) Bagaimana motivasi belajar Siswa di SMA Negeri 1 Palu?;) 3)Bagaimana evektivitas metode ceramah bervariasi dapat meningkatkan motivasi belajar Siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Palu?;) Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis Peran Guru dalam menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Palu. 2) Menjelaskan tentang bagaimana motivasi belajara Siswa di SMA Negeri 1 Palu. 3)Menganalisis evektivitas metode ceramah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang Guru dan sepuluh orang Siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa 1) Peran Guru sejarah dalam menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Palu cukup efektif, hal ini terbukti dari hasil analisis dan hasil wawancara yang menunjukan peran Guru dalam membuat Siswa merasa termotivasi dengan pembelajaran Sejarah menggunakan metode ceramah secara virtual. Dimana Siswa merasa lebih leluasa dalam menjawab dan menyampaikan ide-ide mereka melalui pembelajaran dilakukan secara daring. 2)Motivasi Belajar Siswa dengan Guru menggunakan metode ceramah di SMA Negeri 1 Palu cukup efektif dengan menggunakan media virtual dan juga Guru di tuntut memberikan ceramah pada saat penyampaian materi memilih metode yang di mana metode ini digunakan tidak membuat para Siswa merasa bosan dan mereka lebih termotivasi untuk belajar. 3) Evektivitas metode ceramah bervariasi yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Palu di nilai cukup efektif yang di mana pembelajaran saat ini hanya melalui daring kebanyakan dari para Siswa lebih menyukai pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah ini secara virtual karena mereka lebih mudah memahami dengan apa yang dijelaskan oleh Guru. Kata Kunci: Evektivitas Metode Ceramah dan Motivasi Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up