JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFATAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SIGI |
Nama: NOVIANTI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Novianti, 2021. Persepsi Siswa terhadap Pemanfataan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dr. Misnah, S.Pd., M.Pd Permasalahan yang diajukan dalam tulisan ini adalah pandangan atau persepsi siswa terhadap penggunaan media dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Sigi bisa lebih efisien maka perlu didukung dengan memanfaatankan media yang tepat salah satunya dengan menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran ketersediaan media audio visual pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Sigi; 2) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Sigi. Subjek penelitian ini ialah siswa-siswi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigi sebanyak 12 orang. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif dalam bentuk: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMA Negeri 2 Sigi sudah menggunakan media audio visual dalam proses belajar mengajar mata pelajar sejarah, dan bukan hanya pada pelajaran sejarah saja, namun media audio visual sudah diterapkan di pelajaran lainnya. Pihak SMA Negeri 2 Sigi dalam penggunaan media audio visual ini telah menyediakan leptop, LCD/infokus, dan alat penunjang lainnya. Namun dibalik kelebihan dari media audio visual, ditemukan pula beberapa hambatan yang terjadi di SMA Negeri 2 Sigi dalam penggunaannya misalnya seperti pemadaman lampu listrik secara tiba-tiba dan gangguan koneksi internet. Persepsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigi terhadap pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran sejarah sudah cukup baik, dimana banyak informan menyatakan bahwa penggunaan media audio visual saat pelajaran sejarah sudah sesuai dengan materi pembelajaran, dan kebanyakan dari mereka justru lebih menyukai proses belajar mengajar dengan media audio visual karena tidak menimbulkan kebosanan, rasa ngantuk, kejenuhan, lebih memahami isi materi, dan lain sebagainya. Kata Kunci: Persepsi, Audio Visual, dan Pelajaran Sejarah |