Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Sejarah Di SMA Negeri 2 Palu
Nama: MUSTIKA
Tahun: 2020
Abstrak
Mustika. 2020. “Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA Negeri 2 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Suyuti, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sejarah melalui perlakuan metode inkuiri dan metode ceramah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode inkuiri, dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar sejarah berupa tes pilihan ganda. Data instrument tes analisis menggunakan analisis statistic yaitu uji-t menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) 16. kriteria pengujian pihak kanan pada taraf signifikansi (?) = 0.05 yaitu jika thitung > ttabel diperoleh 2.870 > 1.668 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode inkuiri terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci : Metode Inkuiri, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up