JudulPENGARUH METODE KUNJUNGAN WISATA KE MUSEUM TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA MAN 1 BANGGAI |
Nama: MOH ZIKRAN LAWENGA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Zikran. 2022. “Pengaruh Metode kunjungan wisata ke museum terhadap minat Belajar Sejarah siswa MAN 1 Banggai ”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Suyuti, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar antara siswa yang berkunjung ke museum dan tidak berkunjung ke museum dan mengetahui pengaruh metode kunjungan wisata ke museum terhadap minat belajar siswa MAN I Banggai. Penelitian ini dilaksanakan di Man 1 Banggai. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode skala likert atau angket, siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode kunjungan kemuseum. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur minat belajar sejarah berupa tes menggunakan angket. Data instrument tes analisis menggunakan analisis statistic yaitu uji-t, uji paired sampel t test,dan uji regresi linear sederhana menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) 16. kriteria pengujian pihak kanan pada taraf signifikansi (?) = 0.05 yaitu jika thitung > ttabel diperoleh 3.109 > 2.024 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan minat belajar antara siswa yang berkunjung ke museum dan tidak berkunjung kemuseum dari hasil uji regresi linear sederhana terdapat pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 39,2% artinya metode kunjungan wisata ke museum berpengaruh terhadap minat belajar sejarah siswa MAN I BANGGAI . Kata Kunci : Metode, kunjungan wisata, ke museum, minat Belajar. |