JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS NEGERI 3 PALU |
Nama: MEGAWATI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Megawati, (2020), Persepsi Siswa Terhadap Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasan. Permasalahan hasil penelitian ini yakni: 1) Bagaimana persepsi siswa terhadap metode pembelajaran inkuiri kelas XII IPS SMA Negeri 3 Palu. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk persepsi siswa terhadap metode pembelajaran inkuiri kelas XII IPS SMA Negeri 3 Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Palu, dengan teknik pengumpulan data wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri atas: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verikasi (consclusion drawing/verification). Berdasarkan data yang terkumpul, pengolahan dan analisis, maka hasil dan pembahasan penelitian ini dijelaskan: 1) persepsi siswa terhadap metode pembelajaran inkuiri kelas XII IPS SMA Negeri 3 Palu sebagian besar siswa memiliki persepsi yang positif terhadap penerapan metode pembelajaran inkuiri hal ini di dukung dengan hasil analisis penilaian siswa bahwa dari 28 siswa yang dijadikan subjek 92,14% “setuju sampai sangat setuju” dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa siswa merasa senang dan tertarik untuk mengikuti proses belajar mengajar sehingga membuat siswa mudah menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru juga membuat pelajaran sangat menarik, jika didalam pembelajaran guru menggunakan metode inkuiri sehingga Kata kunci : persepsi siswa dan metode inkuiri |