JudulHUBUNGAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA LABSCOOL UNTAD PALU |
Nama: KETUT ASTI WICANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ketut Asti Wicana, 2021. “Hubungan Manajemen Kelas Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA LABscool Untad Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Suyuti. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan antara penerapan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa di SMA Labscool Untad palu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara penerapan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa di SMA Labscool Untad Palu. Adapun subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X yang berjumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan korelasi product moment pada taraf signifikan 5%. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa kelas X di SMA Labscool Untad Palu. Hal tersebut terlihat dari hasil persentase angket siswa, dimana dapat disimpulkan bahwa dari jumlah 79 siswa terdapat 39 siswa atau 49,37% yang mengatakan penerapan manajemen kelas sangat baik dengan perolehan prestasi belajar sangat tinggi, 9 siswa atau 11,39% yang mengatakan penerapan manajemen kelas sangat baik dengan perolehan prestasi belajar tinggi, 21 siswa atau 26,58% yang mengatakan penerapan manajemen kelas baik dengan perolehan prestasi belajar sangat tinggi, 10 siswa atau 12,66% yang mengatakan penerapan manajemen kelas baik dengan perolehan prestasi belajar tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan penerapan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa kelas X di SMA Labscool Untad Palu. Kata Kunci : manajemen kelas, prestasi belajar, siswa sma labscool untad palu |