Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu
Nama: JUWITA
Tahun: 2020
Abstrak
Juwita (2020) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Charles Kapile. Permasalahan hasil penelitian ini yakni: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu ?, dan 2) Bagaimana minat belajar siswa di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu ?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu dan 2) Menjelaskan minat belajar siswa di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Palu, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri atas: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verikasi (consclusion drawing/verification). Berdasarkan data yang terkumpul, pengolahan dan analisis, maka hasil dan pembahasan penelitian ini dijelaskan: 1) Tahapan dalam penerapan model pembelajaran (TSTS) yang diterapkan oleh guru sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Palu dalam meningkatkan minat belajar siswa terdiri atas: tahap persiapan, presentasi guru, kegitan kelompok, presentasi kelompok, evaluasi dan penghargaan, dan 2) Penggunaaan model (TSTS) dapat meningkatkan minat belajar siswa yang dibuktikan dengan capaian indikator minat yakni: adanya perasaan senang mencapai 85%, ketertarikan 90%, perhatian 90?n kesiapan siswa 96%. Selain itu juga dibuktikan secara kualitatif dimana minat belajar siswa meningkat dalam pembelajaran dengan kategori baik. Kata kunci : Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray (TSTS) dan Minat Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up