JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBERIAN PENGUATAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PALU |
Nama: IRDA KARYANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Irda Karyana, (2021). Persepsi siswa terhadap pemberian penguatan pada pembelajaran IPS Di kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Iskandar, M. Hum Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana persepsi siswa terhadap pemberian penguatan pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMPN 9 Palu? Faktor pendukung keberhasilan dan penghambat dalam pemberian penguatan pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMPN 9 Palu? Tujuan penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap pemberian penguatan pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMPN 9 Palu. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung keberhasilan dan penghambat dalam pemberian penguatan pada pembelajaran IPS dikelas VIII SMPN 9 Palu. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah sampel 31 siswa dari 356 populasi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Pemberian penguatan yang digunakan guru IPS di SMPN 9 Palu sudah baik hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang didapatkan peneliti bahwa siswa aktif untuk mengikuti pembelajaran IPS di kelas, bahkan berani mengemukakan pendapat mereka kepada guru sehingga dalam proses pembelajaran, keaktifan siswa di dalam kelas sangatlah penting agar menghasilkan proses pembelajaran yang baik terutama pada mata pelajaran IPS. (2) Faktor pendukung dalam pemberian penguatan pada pembelajaran IPS adalah a.) keinginan siswa dalam belajar IPS, siswa yang senang belajar maka ia akan selalu memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh gurunya. b) fasilitas dari sekolah itu sendiri, c) perhatian dari orang tua. Sedangkan faktor penghambat pemberian penguatan yaitu masih ada siswa yang kurang memperhatikan gurunya dalam pembelajaran, b) metode yang digunakan guru dalam mengajar kurang bervariasi, c) kurang adanya kompetisi. Persepsi siswa terhadap pemberian penguatan pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMPN 9 Palu dapat dikatakan sudah baik. Hal ini didukung dengan hasil analisis peneliti, siswa yang lebih banyak menyatakan “selalu dan sering” bahwa pemberian penguatan berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa, sehingga membuat siswa mudah menerima dan memahami apa yang telah disampaikan guru. Kata Kunci: Persepsi Siswa, pemberian penguatan |