JudulImplementasi Media Poker Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XII IPS V SMA Negeri 3 Palu |
Nama: INDRIYANI R.N KALOSO |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Indriyani R.N Kaloso, (2020) A 311 16 113 yang berjudul Implementasi Media Poker Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS V SMA Negeri 3 Palu.Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Idrus S.Pd., SH., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yakni: 1) Bagaimana guru mengimplementasikan media poker dalam pembelajaran sejarah di kelas XII IPS V di SMAN 3 Palu, dan2) Bagaimana minat belajar siswa setelah diterapkan media poker sebagai pembelajaran sejarah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah 1) untuk Menganalisis implementasikan media poker dalam pembelajaran sejarah di kelas XII IPS V di SMAN 3 Palu dan 2) Menjelaskan minat belajar siswa di Kelas XII IPS V SMA Negeri 3 Palu. Untuk mengkaji rumusan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan metode kuantitatif metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menggambarkan dan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini secara umum lebih bersifat survei sehingga tidak perlu menggunakan hipotesis.Peneltian dilakukan di SMA Negeri 3 Palu dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa minat belajar siswa meningkat dengan penggunaan media poker. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan siswa mengikuti proses pembelajaran dengan semangat dan antusias.Guru mengimplementasikan media poker dengan beberapa langkah yakni mencermatimateri, adaptasi/dudukberkelompok, bermain poker, analisis daneksplanasi, sharing, presentasi dan menyimpulkan. Hasil observasi serta angket yang telah disebar kepada 34 responden, peneliti membuktikan bahwa siswa SMA Negeri 3 Palu memiliki minat belajar, hal ini dibuktikan denganadanya perasaan senang mencapai 100% siswa menyatakan senang mengikuti pelajaran sejarah. Penggunaan media poker ini juga membuat ketertarikan siswa pada pelajaran sejarah yang dibuktikan dengan 100% yang menyatakan tertarik dengan pelajaran sejarah setelah menggunakan media poker. perhatian siswa mencapai 100?n keterlibatan juga mencapai 100%.Hal ini dikarenakan implementasi media poker mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, efesien, menyenangkan dan dapat berpengaruh terhadap meningkatnya minat belajar sejarah.Selain itu juga dibuktikan secara kualitatif dimana minat belajar siswa meningkat dalam pembelajaran dengan kategori baik. Kata Kunci: Poker, Media dan Minat Belajar |