JudulPengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Mengajar Guru Sejarah Di SMA Negeri 1 Bunobogu |
Nama: IIN PRATIWI |
Tahun: 2022 |
Abstrak n Pratiwi. 2021 Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Mengajar Guru Sejarah di SMAN 1 Bunobogu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Iskandar Permasalahan dalam artikel ini adalah (1) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas mengajar guru sejarah di SMAN 1 Bunobogu?. Tujuan dari penelitian yaitu, adanya pengaruh kepempinan kepala sekolah terhadap kualitas mengajar guru sejarah di SMAN 1 Bunobogu. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian survey, pengumpulan data dilakukan melalui angket dan pengolahan dilakukan dengan mengunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan persamaan regresi diatas maka dapat disimpulkan bahwa nilai koefisien regresi (b) nilainya sebesar 0,248 yang menyatakan bahwa kepemimpinan kepala sekolah (X) nilainya 0 maka hasil kinerja (Y) nilainya positif 68,943. Setiap penambahan 1% nilai kepemimpinan kepala sekolah maka nilai kualitatif mengajar semakin bertambah sebesar 0,248 koefisien regresi tersebut positif, sehingga dapat dikatakan berpengaruh antara variabel kepemimpinan kepala sekolah (X) terhadap variabel kualitas mengajar (Y) dengan nilai sebesar 68,943. Apabila ditingkatkan nilai kepemimpinan kepala sekolah (X) maka Kualitas mengajar (Y) akan semakin meningkat berarti ada pengaruh antara kepempimpinan kepala sekolah terhadap kualitas mengajar guru sejarah di SMAN 1 Bunobogu kabupaten Buol. Hasil nilai signifikan (SIG) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti Ha diterima dan Jo ditolak jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kepempinan kepala sekolah terhadap kualitas mengarah guru sejarah di SMAN 1 Bunobogu. Kata kunci : kepemimpinan kepala sekolah, kualitas mengajar |