Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU SEJARAH DALAM MENGATASI HAMBATAN BELAJAR DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SARUDU
Nama: I PUTU DHIYO PERWITHA
Tahun: 2022
Abstrak
Pembelajaran di Indonesia saat ini sedang terjadi perubahan, perubahan terjadi karena adanya pandemi COVID-19 yang mana pembelajaran dilakukan lewat daring. Pembelajaran daring sudah dilakukan semenjak meningkatnya jumlah kasus positif virus COVID-19 di Indonesia pada maret 2020 dan dalam pembelajaran daring, guru dan siswa harus beradaptasi dengan kebiasaan baru ini mengingat kebiasaan belajar ini terbilang baru. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana guru sejarah dapat mengatasi permasalahan pembelajaran daring. Dari rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana guru sejarah dapat mengatasi permasalahan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian ini yaitu 6 siswa yang mengalami hambatan belajar seperti apa yang dialami siswa dalam menjalankan belajar daring. Metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menjunjukan bahwa hambatan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 yaitu kurangnya pemahaman materi, sarana pendukung untuk belajar daring, interaksi guru dan murid yang kurang dan lingkungan belajar yang kurang kondusif. Upaya guru sejarah dalam menyelesaikan hambatan siswa SMAN 1 Sarudu yaitu menggunakan media belajar Whatsaap, memberikan motivasi siswa dan melakukan kunjungan kepada siswa untuk membantu siswa yang mengalami hambatan dalam belajar daring saat masa pandemic Covid-19.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up