Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMPN 7 PALU
Nama: HAIRUNNISA ZULKIFLI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Hairunnisa Zulkifli, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar IPS di SMPN 7 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dr. Hasan, M. Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar di SMPN 7 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa di SMPN 7 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diberikan model pembelajaran STAD dengan siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji ‘t’. Berdasarkan hasil uji t, dapat diketahui bahwa nilai signifikan 0,028 < 0> ttabel yaitu 2,270 > 1,676, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Siswa yang diberikan model pembelajaran STAD memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu 84,54, dengan jumlah sampel 26 orang, dibandingkan dengan siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional yang hanya memiliki rata-rata 80, dengan jumlah sampel 26 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar di SMPN 7 Palu. Kata Kunci: Pengaruh, STAD, Hasil Belajar, dan IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up