JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP STRATEGI BELAJAR MENGAJAR GURU SEJARAH DI KELAS XI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: HADRIYANA BURHAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK HADRIYANA BURHAN, 2020. Persepsi siswa terhadap strategi belajar mengajar guru sejarah di kelas XI SMA Labschool Untad Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Haliadi, S.S., M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana persepsi siswa terhadap strategi belajar mengajar guru sejarah di kelas XI SMA Labschool Untad Palu? Tujuan penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap strategi belajar mengajar guru sejarah di kelas XI SMA Labschool Untad Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan jumlah sampel 48 siswa dari 105 populasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Strategi pemebelajaran yang diterapkan oleh guru sejarah di sekolah tersebut sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara peneliti dengan guru sejarah, bahwa guru tersebut mengemukakan, dalam proses kegiatan belajar mengajar siswa selalu aktif baik bertanya maupun mengemukakan pendapat mereka. Dengan keaktifan siswa di kelas maka proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan efektif. (2) Persepsi siswa mengenai strategi belajar mengajar guru sejarah di kelas XI SMA Labschool Untad Palu sebagian besar siswa memiliki persepsi yang positif tentang strategi pembelajaran tersebut. Hal ini didukung dengan hasil analisis penilaian siswa yang lebih banyak menyatakan “sering hingga selalu“ bahwa guru sejarah sudah menggunakan strategi belajar mengajar yang baik, sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran yang dilakukan guru sejarah di kelas. Kata Kunci : Persepsi siswa, Strategi belajar mengajar guru |