Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Sejarah Di SMA Negeri 2 Palu
Nama: GLERISWI
Tahun: 2020
Abstrak
Gleriswi, 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Sejarah di SMA Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dr. Suyuti M. Pd. Hasil penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan minat belajar antara siswa yang menggunakan metode diskusi dengan siswa yang menggunakan metode ceramah di SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian dalam artikel berjumlah 68 siswa di SMA Negeri 2 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Analisis data penelitian digunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan minat belajar sejarah antara siswa yang diberikan metode diskusi dan metode ceramah di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Palu. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji ‘t’. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa nilai signifikan atau p-value 0,037<0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan dilihat dari rata-ratanya siswa yang diberikan metode diskusi memiliki rata-rata yang lebih tinggi 115,57, dengan jumlah sampel 35 orang dan standar deviasi 10,13 dibandingkan dengan siswa yang diberikan metode ceramah yang hanya memiliki rata-rata 109,12, dengan jumlah sampel 33 orang dan standar deviasi 14,2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa yang diberikan metode diskusi dan siswa yang diberikan metode ceramah. Kata Kunci: Pengaruh, Metode, Minat dan Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up