JudulPENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 PALU |
Nama: FITRIYANTI PATTAEPE |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Fitriyanti Pattaepe, (2022) A 311 16 097 yang berjudul Penerapan Sistem Full day school dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidika Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasan M.Hum Permasalahan dalam artikel hasil penilitian ini yakni: 1) Menjelaskan penerapan sistem full day school dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di SMA Negeri 3 Palu ? 2) Mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Sistem Full day schoolUntuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SMANegeri 3 Palu ? dan 3) Menganalisa faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan sistem full day school baik secara internal maupun eksternal. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah 1) Menjelaskan tentang penerapan sistem full day school dalam meningkatkan kualitas belajar Siswa di SMA Negeri 3 Palu, 2) mendeskripsikan tentang Strategi Pembelajaran Sistem Full day school dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Palu, dan 3) menganalisa mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan sistem full day school di SMA Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ada penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa Penerapan sistem full day school dalam meningkatkan kualitas belajar Siswa di SMA Negeri 3 Palu sudah baik dengan kegiatn-kegiatan tambahan yang diberikan dapat memacu aspek afektif Siswa. Strategi Pembelajaran Sistem Full day school untuk meningkatkan kualitas belajar Siswa di SMA Negeri 3 Palu dengan pemilihan metode pembelajaran yang bervariatif serta cocok agar pembelajaran dapat berlangsung dengan cepat dan tepat juga efektif dan efisien sehingga siswa dapat memahami dan menguasai materi pelajaran. Faktor yang mempengaruhi penerapan sistem full day school baik secara internal maupun eksternal adalah keberadaan dan kesiapan guru serta dukungan orang tua siswa merupakan faktor yang sangat penting dan sangat mendukung berjalannya pelaksanaan sistem full day school. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kesiapan siswa dalam beradaptasi, terbatasnya sarana dan prasarana serta faktor intern dari guru. Kata Kunci: Sistem, Full Day School dan Kualitas Belajar |