JudulIMPLEMENTASI TEKNIK-TEKNIK MOTIVASI GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 PALU |
Nama: FITRA DESI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Fitra Desi, (2020), Implementasi teknik-teknik Motivasi guru untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Di kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Palu. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dra. Hj. Junarti,M.Hum Artikel hasil penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Palu, dengan tujuan mengidentifikasi teknik-teknik motivasi yang diterapka guru guru sejarah kelas XI IPS 4 SMAN 1 Palu, menganalisis faktor apakah yang mendorong dan menghambat teknik-tenik motivasi di kelas XI IPS 4 SMAN 1 Palu,menjelaskan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMAN 1 Palu. Rancangan peneilitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode intsrumen penelitian yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan jumlah siswa 36 orang. Hasil penelitian menunjukan dengan teknik-teknik motivasi yang digunakan guru sejarah di SMAN 1 Palu ada lima yaitu: (1) menyiapakan materi, (2) menyampaikan dan memperjelas tujuan belajar, (3) buat suasana kelas yang menyenangkan (4) buat sesi tanya jawab dan memberi kesempatan kepada siswa untuk meyampaikan pendapatnya, (5) memberi tau hasil kerja yang akan dicapai. Dan teknik-teknik motivasi yang inovasi menurut Slameto ada empat yaitu: : (1) Mengairahkan siswa (2) Memberikan harapan realistis, (3) Memberikan insetif dan (4) Mengarahkan. Dengan teknik-terknik motivasi tersebut dapat membuat siswa termotivasi dalam proses pembelajaran seperti pada tabel observasi bahwa siswa antusias mengikuti pembelajaran. Kesimpulan dapat dinyatakan hasil minat belajar siswa dapat dikatakan cukup baik karena dapat dilihat dari keseriusan siswa ketika proses pembelajaran sejarah di SMAN 1 Palu. Kata Kunci: Teknik, implementasi, dan minat belajar |