JudulKEMAMPUAN GURU MENGELOLAH KELAS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: FERAWATI KALADE |
Tahun: 2021 |
Abstrak FERAWATI KALADE, 2021. Kemampuan Guru Mengelola Kelas Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X Mia 1 SMA Labschool Untad Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasan Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana kemampuan guru mengelola kelas dalam pembelajaran sejarah di kelas X Mia I SMA Labschool Untad Palu? Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas dalam pembelajaran sejarah di kelas X Mia I SMA Labschool Untad Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : Kemampuan guru dalam mengelola kelas sudah baik, pengetahuan dan keterampilan guru dikatakan baik, hal ini diperkuat dengan hasil wawancara peneliti dengan guru dan persepsi siswa yang didapat melalui wawancara. Kemampuan guru sejarah dalam menciptakan pembelajaran yang tepat, baik dalam menangani siswa yang membuat kegaduhan, pengaturan tempat duduk yang pengaturannya hanya merubah format tempat duduk saat ada pembentukan kelompok saja dimana guru lebih suka menerapkan format konvensional dimana posisi tempat duduk siswa menggunakan format baris dan kolom, maupun dalam mengelola interaksi belajar mengajar cenderung terlihat saat guru melakukan kegiatan membuka dan menutup pelajaran, dimana siswa memberikan respon kepada guru mulai dari mengajak siswa berdoa, mengecek siswa yang tidak berangkat, menanyakan materi terakhir dan pekerjaan rumahnya sehingga proses pembelajaran berjalan efektif dan efisien. Kata Kunci : Kemampuan Guru Mengelola Kelas dan Pembelajaran Sejarah |