JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IIS 2 MAN 2 PALU |
Nama: FADLUN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Fadlun, 2020. Persepsi siswa terhadap strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X iis 2 MAN 2 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Mahfud M.Gamar, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana persepsi siswa terhadap strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X iis 2 MAN 2 Palu? Tujuan penelitian ini yaitu : untuk mengetahui bagaimana presepsi siswa terhadap strategi guru sejarah dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas X IIS 2 MAN 2 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penenlitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan jumlah sampel 26 siswa dari 1,026 populasi. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik siswanya, untuk itu guru dituntut untuk lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran di kelas sehingga siswa minat untuk mengikuti pembelajaran tersebut. guru juga dituntut bagaimana mengolah suatu strategi pembelajaran yang menarik sehingga dapat memicu minat siswanya untuk mau belajar juga dapat menimbulkan keinginan siswa untuk melaksanakan dan berfikir dalam menjalankannya (2) Strategi mengajar yang digunakan guru sejarah di MAN 2 Palu sudah baik hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang didapatkan peneliti bahwa siswa selalu minat untuk mengikuti pemebalajaran sejarah di kelas tidak hanya itu siswa juga aktif dalam pembelajaran berupa berani mengemukakan pendapat mereka kepada guru maupun memberikan pendapat kepada temannya yang bertanya. Dalam proses pembelajaran keaktifan siswa didalam kelas sangat diperlukan karena dengan aktifnya siswa, akan menghasilkan proses pembelajaran yang baik terutama pada mata pelajaran sejarah. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Strategi Guru, Minat Siswa |