Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TINOMBO
Nama: FADILLAH
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK FADILLAH, 2020. Persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinombo. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Charles Kapile Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinombo? Tujuan Penelitian ini yaitu : (1) Untuk mendiskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinombo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan jumlah sampel 42 siswa dari 120 populasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Media pembelajaran di sekolah ini sudah cukup memadai, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara peneliti dengan narasumber (Guru) menyatakan bahwa mereka sering menggunakan media dalam pembelajaran dimana ada kendala yang menjadikan terhambatnya penggunaan media seperti alat colokan dalam kelas yang menjadi penghambat dari media yang digunakan. (2) Sebagian besar siswa memiliki persepsi yang positif tentang penggunaan media pembelajaran hal ini di dukung dengan hasil analisis penilaian siswa sebesar 92,86% yang menyatakan setuju hingga sangat setuju bahwa guru sering menggunakan media pembelajaran seperti peta, audio, dan gambar, sehingga membuat siswa mudah menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru dan 7,14 % yang memiliki persepsi tidak setuju hingga sangat tidak setuju guru sering menggunakan media pembelajaran seperti peta, audio, dan gambar, sehingga membuat siswa mudah menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru. Kata Kunci : Persepsi Siswa, media pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up