JudulPENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMAN 1 PALU |
Nama: ERVINA DEWI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Ervina Dewi,2020.Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Di SMAN 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Suyuti M.Pd. Penelitian ini memiiki permasalahan apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar sejarah di SMAN 1 Palu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sejarah di SMAN 1 Palu. Hipotesisnya adalah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 1.410 siswa adapun Sampel penelitian ini adalah berjumlah 94 siswa yang berada di SMAN 1 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes hasil belajar. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif, inferensial dan uji signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa memperoleh 85 sehingga berada dalam kategori yang sangat baik jika diihat dari tabel klasifikasi motivasi belajar siswa. Hasil belajar sejarah memperoleh rata-rata 79 dan berada dalam kategori sedang jika dilihat dari tebel klasifikasi hasil belajar. Uji hipotesis hasil penelitian menunjukan bahwa r hitung sebesar 0,699. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar sejarah memiliki tingkat pengaruh yang kuat dan hasil uji? t?_(hitung ) diperoleh lebih besar dibandingkan dengan nilai t_(tabel ) atau 9,376 > 1,986 sehingga H_a diterima dan H_o ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar sejarah di SMAN 1 Palu. Kata Kunci : Motivasi; Hasil Belajar Sejarah |