Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII A Di SMPN 1 Sindue Tobata
Nama: ELFIRA
Tahun: 2020
Abstrak
Elfira, (2020). Implementasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII A di SMPN 1 Sindue Tobata. Skripsi, Program studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Misnah, S.Pd.,M.Pd Artikel Hasil Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sindue Tobata yang berjumlah 30 siswa. teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian ini meliputi empat tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart : (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I sebanyak 21 siswa atau 70% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dari 30 siswa atau sebesar 97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning. Hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up