JudulPERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Kelas XI SMAN 1 Karamat Kabupaten Buol) |
Nama: ARDAVINA FEBRIANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ardavina Febrianti.2022. Peran Orang TuaDalam Mendampingi AnakBelajar Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kelas XISman 1 Karamat Kabupaten Buol).Skripsi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Skripsi: Dr. Suyuti., M.Pd Permasalahan Skripsiini: (1) Bagaimana peran Orang Tua dalam mendampingi Anak belajar selama masa pandemi Covid-19?, (2) Apa saja faktor pendukung dalam mendampingi Anak pada masa pandemi Covid-19?, (3) Apa saja kendala dalam mendampingi Anak belajar di Rumah pada masa pandemi Covid-19?. Adapun Tujuan dalam penelitian ini untuk (1) Menjelaskan peran Orang Tuadalam mendampingi Anakbelajar selama masa pandemi Covid-19,(2)Menganalisis faktor pendukung dalam mendampingi Anakbelajar pada masa pandemi Covid-19, (3) Menjelaskan kendala pada saat mendampingi Anak belajar dirumah pada masa pandemi Covid-19. Subjek artikel hasil penelitian ini adalah Orang Tua Siswa kelas XI IIS 1 SMAN 1 Karamat,. Teknik pengumpulan datadilakukandenganmetodeobservasi, wawancara dan dokumentasi.Selanjutnya data diolah menggunakan Teknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/kesimpulan. Pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran Orang Tua dalam mendampingi Anak belajar pada Kelas XI IIS 1 sudah cukup baik. hal tersebut terlihat dari (1) Peran Orang Tua sebagai fasilitator yakni tersedianya semua fasilitas belajar Anak, dan mengawasi kegiatan belajar dan penggunaan waktu belajar, Para Orang Tua Siswa membuatkan jadwal belajar serta turut mendampingi Anak belajar.(2)Faktor pendukung dalam mendampingi Anak belajar, yakni adanya kerjasama antar anggota keluarga dalam satu rumah, pada tahap ini semua orang saling bekerja sama dalam mendampingi Anak belajar, adapun pemberian motivasi kepada Anak diharapkan agar Anak tetap rajin belajar meskipun pada masa pandemi. (3) Kendala dalam mendampingi Anak belajar di rumah selama pandemi Covid-19 berupa kesulitan dalam membantu Anak belajar, dan minimnya waktu untuk mendampingi Anak belajar. Kata kunci:Peran Orang Tua, Anak, Pembelajaran dan Pandemi Covid-19 |