JudulPERSEPSI MASYARAKAT SUKU LAUJE TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN FORMAL DI DUSUN SIBOKIA DESA MALANGGO |
Nama: ANDI NURSIHA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Andi Nursiha, No Stambuk A 311 16 076 “Persepsi masyarakat Suku Lauje tentang pentingnya Pendidikan Formal di Dusun Sibokia Desa Malanggo” Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako. Pembimbing Haliadi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pola kehidupan masyarakat Suku Lauje Dusun Sibokia Desa Malanggo?; (2) Bagaimana keadaan pendidikan formal di Dusun Sibokia Desa Malanggo?; (3) Bagaimana Persepsi masyarakat Suku Lauje terhadap pendidikan formal? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat Suku Lauje tentang pentingnya pendidikan formal di Dusun Sibokia Desa Malanggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Unit analisis datanya ialah masyarakat Suku Lauje di Dusun Sibokia yang terdiri dari, Petani, ibu Rumah Tangga, PNS, Kepala Desa, dan Kepala Dusun. Adapun jumlah informan ialah 9 orang. Data dikumpulkan melalui metode wawancara dan dokumentasi. Sehingga data yang terkumpul dianalisis melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Masyarakat Dusun Sibokia adalah masyarakat yang heterogen memiliki pola kehidupan yang berbeda-beda berdasarkan mata pencahariannya. (2) Keadaan pendidikan Dusun Sibokia sudah cukup memadai, mulai dari MIS, MTS dan MA. (3) Persepsi masyarkat Dusun Sibokia terhadap pendidikan formal sangat positif, karena pendidikan dianggap mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kata kunci: Pendidikan Formal, Persepsi Masyarakat dan Suku Lauje |