JudulSTRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENIGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: NURFATHRAH F. KUSEN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Permasalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana strategi guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu? 2).Apa faktor pendukung strategi guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu? 3). Apa faktor penghambat guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu . Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Mendeskripsikan strategi guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu. 2). Mendeskripsikan faktor pendukung strategi guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu . 3). Mendeskripsikan faktor penghambat strategi guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu .Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif. Adapun Subyek penelitian ini berjumlah 1 guru Sejarah dan 4 Siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 palu.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini Adalah: 1) Obsevasi, 2) Wawancara Dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi strategi guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negri 5 Palu menggunakan beberapa strategi/metode tergantung dari situasi dan kondisi siswa. Adapun metode yang digunakan seperti metode ceramah, metode tanya jawab,metode diskusi, metode kerja kelompok, dan metode tugas. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu berasal dari faktor internal misalnya rasa ingin tahu yang tinggi dari siswa dan faktor eksternal misalnya dukungan dari orang tua dan lingkungan bahkan dari guru mata pelajaran. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu berasal dari internal misalnya rasa malas dan bosan dari siswa dan faktor eksternal misalnya pengaruh dari teman dekat Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar |